Les Persiapan tes IELTS di Bandung

Jadi sebelum elo mutusin mau les persiapan IELTS ataupun mutusin mau ambil tes IELTS, gue mau menyarankan sebuah nasihat yang pernah gue tonton di channel Utube apa gitu tentang IELTS, dimana menurut gue saran ini KRUSIAL banget in shake of saving your money. Sarannya adalah  : 

Anda harus menyadari anda berada di antara dua level manakah :
1. Level of mastering english skill
2. Level of mastering IELTS test skill

Kenapa berkontemplasi diri anda berada di 2 level itu penting? Biar ga buang-buang uang banyak sist, semua tahu lah yaah kalo IELTS ga mureh, minimal sekali IELTS bisa beli hape samsung paling standard atau bisa mamam-mamam hanamasa sekeluarga.....Jadi U SHOULD REALIZE IN WHICH LEVEL ARE YOU AT! 

Terus gimana dong buat menyadari posisi lo di level mana antara 2 itu? Simple, saran gue kalo mau yg eksak dan ga mungkin salah perhitungan, menurut gue pribadi adalah dengan cara ambil TOEFL ITP (yang harganya 450ribu).

1. Elu berada di level mastering english skill 
(jika TOEFL ITP lo 550 ke bawah)
Atau kalo lo merasa masih sulit nonton TV series in english atau sekadar baca artikel Buzzfeed lucu lucu ga jelas di fesbuk, artinya lo masih perlu mengembangkan English Skill lo. Ga perlu les, cukup dengan rajin latian sendiri, dicicil. Ampe lo merasa level english skill lu udah sepadan ama TOEFL 550.....

Common mistake orang yang ambil tes IELTS, terutama yang les IELTS sebelumnya :
"Duh apaan les persiapan IELTS gue ga guna/jelek/buruk/sampah, buktinya gue ambil tes IELTS , hasil tes gue masih dibawah target"

Come on dude, itu ga berarti LES ELU nya yang jelek......tapi mungkin elu pribadi yang perlu improve english skill lagi. Gue percaya, lembaga les yang berani buka kursus persiapan IELTS ga mungkin abal abal mau mempertaruhkan namanya kalo mereka ga siap dan gatau tips trick tentang IELTS. So stop blaming others but yourself, okay !

2. Elu berada di level mastering IELTS test skill
 (jika udh tes TOEFL ITP dan hasil diatas 550)
Nah kalo lo berada di level ini, dan kemudian lo memutuskan untuk mengambil tes IELTS, insya alloh lo bakalan dapet minimal band 6 lah di IELTS..... Orang-orang yang udah berada di level ini, hanya perlu membiasakan diri dengan format tes IELTS itu gimane, speakingnya topik apa, tiap sesi berapa lama, materi IELTS tu topik nya biasa nya muter-muter dimana aja, membiasakan ngerjain tes dengan range waktu tes IELTS sebenernya and so on.

Oleh karena english skill nya udah mumpuni, jadi insya allah ga bakalan mubazir duit jutaan rupiah buat les IELTS yang rata2 di atas 1 jutaan. Insya alloh, gue percaya dan udah berpengalaman, bisa IELTS minimal dapet band 6 kalo udh dilevel ini dan juga ditambah ambil les persiapan.

Nah kalau saudara-saudara sekalian sudah menyadari berada di 2 level mana, baru bisa memutuskan apakah sudah cukup siap untuk ikut IELTS apa engga ((biar ga buang-buang uang). Kalo udah berada di Level of mastering IELTS test skill, gue sangat merekomendasikan untuk langsung ambil les persiapan....ya atau kalo sangat pede, ambil tes IELTs nya langsung. Tapi, kalo TOEFL ITP yang selevel 450ribu aja lu lu pada masih dibawah 550, are you serious want to waste Rp 2juta850ribu? Really? Bayangin apa aja yang bisa elu beli dengan duit segitu loh.....bisa beli formulir S2 univ luar sejumlah 2 buah wkwkwk

So, decide it wisely ! Realize which level are you
Nah kalo udah tau banget diri sendiri di level mana, bakalan ada 2 artikel dari gue pribadi yang menggambarkan gimana sih les persiapan IELTS di bandung antara 2 buah lembaga yang berbeda, yakni les persiapan IELTS di TBI Dago, Bandung dan persiapan IELTS di IDP Sunjana, Bandung.

See you again !


Untuk bacaan lain tentang IELTS yang pernah gue tulis silahkan :
Hasil tes pertama IELTS  : disini
Strategi sebelum memutuskan tes IETS : here
Kursus IELTS di TBI Dago : siniaja
Kursus IELTS di IDP Bandung : klikini

Komentar

Postingan Populer