Pengalaman Les Persiapan IELTS di TBI Dago Bandung

Biar enak bacanya formatnya pake 5W+1H aja nyak wkwkwk.
1. What : Ada level kursus persiapan IELTS apa aja di TBI Dago?
Nah, jadi di TBI Dago ((kurang tau ya kalo TBI tempat lain)), kursus persiapan IELTS nya terbagi jadi dua level lagi. Level Upper Intermediete atau Level B, dan satu lagi level Lower Intermediete atau level A. Sebelum memasuki kursus, tiap pendaftar les harus ambil sebuah replacement test yang diselenggarain ama TBI untuk nentuin masuk les mana biar sesuai kemampuan dan gak kesusahan ikutin pelajaran pas di kelas.

Gue kemarin pas daftar, langsung kerjain replacement test, wawancara in english, baru deh oleh mbak-mbak resepsionis diarahin dapat level apa, mau ambil jadwal hari apa,jamberapa beserta rincian harga hehe. Gue kemarin hamdallah pisan, pas daftar buat IELTS langsung dimasukin level IELTS B aka kemampuan inggris gue udah bisa dianggap modal yang bagus buat ikutin materi di kelas Upper Intermediate hehe. Jadi emang ketika masuk level B ini, TBI menargetkan band yang didapat dari tiap siswa itu 6 ke atas hehe. Beda kalo dapat level A, outputnya itu siswa di kelas dapat seenggaknya band 5 ke atas.

2. When : Seberapa lama dan seberapa sering periode kursusnya?
Nah untuk frekuensi les, dia terbagi lagi paketnya wkwkwk. Duh banyak dah paketnya. Ada paket yang 45 jam, paket 75 jam. Gue pribadi memutuskan ambil paket 45 jam, soalnya gue butuh ambil tes IELTS yang cepet buat deadline beasiswa wkwkwk ((bukan ide yang baik sesungguhnya).
Karena gue ambil paket yang 45 jam atau bisa dikatakan paket IELTS express wkwk, 45 jam itu berarti gue mendapatkan 3 minggu les persiapan IELTS. Namun dalam 1 minggu, lesnya hampir setiap hari dari Senin-Jumat non-stop, dan tentu saja ga ada kelas pengganti ya kalo dari Senin-Jumat ini gue sakit/bolos/ada acara. Bodo amat ya pihak TBI nya, lesnya mah tetep jalan. Makanya usahain ketika mau ambil paket express kayak gue.....usahakan pas lagi ga sibuk2 amat/ga ad agenda/jaga kesehatan biar ga sakit.
Les tiap hari dari senin-jumat, satu hari nya tu 3 jam wkwk. Contoh gue kemarin ambil jadwal yang jam 09.30 pagi berakhir 12.30 siang. Ada jeda istirahat tiap 1.5 jam nya hehe.

3. Who : Gurunya gimana? Kualitas nya?
Behhh. Ini mah ga perlu lo semua pertanyakan lah yha apalagi lembaga se-professional TBI. Bukan mau pamer atau promosi ya ini....suer. Tapi lo bayangin aja gue tu kemarin persiapan IELTS dan guru les gue turns out adalah examiner/penguji IELTS ! HAHAHA

Lo bayangin dong gimana beruntungnya gue dapat kesempatan diajar ama EXAMINER IELTS nya langsung. Gue ga mau bilang ya nama guru TBI nya siapa :p, tapi ya cobain aja sendiri nanti bakal ketauan kok siapa guru nya ini. Jadi ga perlu lo tanyain lah ya gimana proses belajar selama gue kursus di TBI. Secara karena dia examiner, dia lebih jeli dan tau common mistake orang-orang, atau gimana case-case yang terjadi kalo ujian, kayak listening contohnya kalo salah nulis plural ga pake 's', salah dan sebaliknya. Terutama di speaking sih parah ! Sangat membantu.
Another question, apakah ada guru native speaker apa engga. Tentu aja lah ada. Walo dari 15x pertemuan, cuma 3x pertemuan aja dengan guru native dari Aussie. Tapi yah karena guru non-native nya aja oke, gue sih ga keberatan walo diajar ama orang indo juga hehe.

4. Where : kelas gimana dan dimana?
Tentu saja kelasnya ya di TBI Dagonya. But u know what, another surprising fact is pas gue pertama kali masuk kelas....masa satu kelas gue isinya cuma EMPAT ORANG ! Gue salut banget deh ama TBI. Ya maksud gue mereka tetep buka aja kelas walo yang daftar cuma 4 orang. Beda banget pas gue daftar tempat les lain contoh IFI, harus 10 orang dulu baru dibuka kelas :( Karena dikit, gue jadi mempunyai ikatan yang kuat lah yah antar teman sekelas gue wkwk. 1 cowo, 3 cewe. Ya bisi antara mereka ada baca blogs gue ini wkwk, jadi isinya gue, Hedwin dia cowo lulusan ITENAS udah kerja di bandung juga ngincernya AUSAID, Fia dia masih kuliah di ITB tapi udah mulai tingkat akhir makanya udah persiapan IELTS, dan terakhir Tessa anak UNPAD lagi kerjain TA rencana mau lanjut Groningen.

Dan point paling plus, karena sekelas cuma berempat....jadi guru kita tu tau progress tiap anak-anak di kelas gimana. Kayak contohnya gue, minggu pertama subject-verb agreement masih parah....tessa apa, hedwin apa, fia apa. Lalu minggu kedua nanti dikasih tau lagi kelemahan dimana. Jadi enak banget gurunya beneran tau kemampuan dan progress kita secara mendetail karena secara satu kelas anaknya dikit hehe.
 Dan untuk masalah fasilitas ....Beuh di TBI enak sih. Contoh ya tiap mau latian speaking, kita berempat selalu dibawa ke ruangan komputer. Disana kita disuruh buat latian speaking dengan cara rekaman pake komputer dan headphone disana.....yang gue baru sadari, OMG kok cara ini efektif banget yaaa buat melatih kesadaran kita pas lagi speaking salahnya dimana. Point yang ingin gue tekankan disini, ketika guru gue ngasih tau tips : 
"Ya kalian yang mau latian speaking, Record yourself !"

Gue jujur, awalnya nganggep remeh kayak, dih apaan sih rekamin suara sendiri, ribet amat. Ngomong mah ngomong aja ga sih wkwk. Eh pas gue sekelas diajakin buat langsung praktekin  latian speaking kalo recording  tu gimana. Ternyata GA RIBET sama sekali dan super duper efektif. Makanya gue seneng banget karena selalu di'paksa' ama guru di TBI buat cobain recording itu gimana pas kelas....eh ternyata emang beneran efektif dan ga seribet yang gue bayangin. Apalagi kita ampe dikasih tau program buat recording di komputer apa biar install sendiri di laptop wkwkwk

5. Why : Why TBI, not others?
Well, gue ga bakalan bilang bahwa tempat les di lain jelek. Karena gue percaya satu hal, ga mungkin ada les persiapan IELTS yang jelek. Pasti mereka punya kelebihan dan kekurangan sendiri ga sih. Tergantung kemampuan inggris dan tentu saja budget kita ga sih wkwk. Ya so far, yang gue rasain dari kelemahan TBI di mata orang umum adalah harga sih wkwk. But well, Good Price always comes with Good Quality, hehe. Jadi balik ke pilihan masing-masing sih. Ada juga yang bilang ga cocok les di TBI, ada juga yang engga. Ya kalo gue pribadi, setelah berkaca dari proses belajarnya gimana dan juga hasil IELTS gue yang ga buruk-buruk amat. Gue sih puas-puas aja hehe.

Ditambah kelebihan lain dari TBI adalah sekelas yang isinya dikit. Bukan masalah sedikit/banyak orang sih TAPI ADALAH KUALITAS SISWA DI KELAS LO SERAGAM APA ENGGA. Maksud gue bukan sombong, tapi jujur lo pernah ga sih berada di suatu kelas, terus lo merasa kelancaran kelas lo/materi yang disampaikan ama guru lo jadi lambaat banget cuma karena ada beberapa siswa yang ga ngerti/lama nangkep. Ya gue bukan ga mau sekelas ama orang-orang gitu, tapi kan menghambat target kurikulum yang udah di rancang ama TBI nya. Contoh mereka pasti pasang target kan kayak minggu pertama materi yang udah harus dimengerti apa aja blablabla.

Nah di sinilah gue baru menyadari, power of replacement test di TBI itu. Karena melalui replacement test (yang sebenernya ga seserem itu, tapi emang tegas), yang beneran bisa kursus IELTS di level B ini memang yang english skillnya udah oke dan emang tinggal dipake buat keperluan tes. Jadi guru TBI gue di kelas bukan bahas grammar lagi atau hal lain, yang dibahas cuma trick buat tes gimana. Dan makanya gue seneng, di kelas gue semua siswanya juga kalo apa apa ngerti dan nangkepnya cepet kayak gue. Jadi gue ga merasa dihambat ama siapapun selama kursus.

6. How : BERAPAAN HARGANYA?
Haha, ini pasti yang udah di cari-cari orang tiap baca review tentang suatu tempat/jasa/produk wkwk. Oke jadi garis bawahi dulu. Di TBI tu persiapan IELTS paketnya kan super banyak. Dan disini gue cuma menuliskan paket yang udah gue ambil yakni IELTS express level B(upper intermediete) yang jumlahnya 45 jam. Total harga lesnya : Rp 2.875.000, itu ga termasuk duit yang lain lain. Lain lain tu maksudnya Buku Cambridge IELTS yang harganya 225.000 ditambaah registration fee nya 250.000
Wkwkwkw jadi itung aja totalnya berapa untuk les 3 minggu.

I know it is too much for a course. But well you have your own options.


Ps. Kursus di TBI gue ambil ketika 25 Juli - 15 Agustus 2016, harga bisa berubah yaa

Untuk bacaan lain tentang IELTS yang pernah gue tulis silahkan :
Hasil tes pertama IELTS  : disini
Strategi sebelum memutuskan tes IETS : here
Kursus IELTS di TBI Dago : siniaja
Kursus IELTS di IDP Bandung : klikini

Komentar

Postingan Populer